Alasan Pemerintahan China Mau Membatasi Pengaruh Islam

Alasan Pemerintahan China Mau Membatasi Pengaruh Islam

Partai Komunis China memastikan bahwa mereka punya hak untuk mengendalikan semua agama yang terorganisir, juga Islam. Para kritikus beranggap itu sebab kekhawatiran bahwa organisasi keagamaan sanggup menantang kebolehan politiknya. Di jaman lalu, represi partai udah membawa dampak respons kekerasan. New York Times jalankan investigasi yang dirilis terhadap 23 September 2019, berkenaan kampanye paling baru Partai Komunis Cina mengekang kebebasan beragama, yang di awali bersama Muslim Uighur di Xinjiang.

Pemerintah China Xi Jinping mengeluarkan arahan rahasia yang memerintahkan pejabat setempat untuk menahan Islam

Tahun lalu, Pemerintah Xi Jinping mengeluarkan arahan rahasia yang memerintahkan pejabat setempat untuk menahan Islam mengganggu kehidupan sekuler dan fungsi negara. Arahan yang berjudul “Memperkuat dan Meningkatkan Pekerjaan Islam didalam Situasi Baru,” belum dipublikasikan. Arahan dikeluarkan oleh Dewan Negara, kabinet Cina, pada bulan April th. lalu dan diklasifikasikan sebagai rahasia sepanjang 20 tahun.

Arahan selanjutnya memperingatkan dampak “Arabisasi” tempat-tempat Islam

Mode dan ritual di China Dan dampak Arab Saudi, sebagai alasan untuk khawatir. Arahan ini juga melarang tulisan Arab, mengubah susunan kubah masjid yang bernuansa Timur Tengah, hingga berhenti menerbitkan sertifikasi halal. Pada tahun 1975, sepanjang Revolusi Kebudayaan Mao, Tentara Pembebasan Rakyat Cina mengepung Shadian, sebuah kota berpenduduk mayoritas Muslim Hui di Provinsi Yunnan di mana penduduk sudah memprotes penutupan masjid. Bentrokan pun terjadi, memicu intervensi militer besar-besaran yang menghancurkan kota itu dan menewaskan lebih dari 1.600 orang.

Situasinya kini hampir mirip meski tidak dalam skala besar layaknya masalah Yunnan. Pada Agustus 2018 di Weizhou, sebuah desa di Ningxia, tersedia prediksi bola protes terlihat saat pihak berwenang mengirim pekerja pembongkaran ke masjid yang baru dibangun. Setelah pertikaian yang tegang yang terjadi lebih dari satu hari, pemerintah area berjanji untuk menunda penghancuran dan meninjau lagi rencana tersebut.

Hampir setahun kemudian, petugas polisi masih memblokir jalan-jalan ke desa, menghindar orang asing masuk, terhitung diplomat dan jurnalis.

Cina mengklaim mereka mengizinkan kebebasan beragama, tapi mengedepankan bahwa negara kudu selamanya didahulukan. Pemerintah Ningxia, ditanya berkenaan pembatasan baru-baru ini pada Islam, menjelaskan bahwa Cina memiliki ketetapan berkenaan praktek keagamaan seperti negara lain.

Masjid-masjid yang melanggar hukum seperti ketetapan bangunan akan ditutup, katanya, dan sekolah-sekolah dan universitas tidak akan mengizinkan aktivitas keagamaan.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *