" /> Tampil di Hadapan Publik Setelah 'Menghilang' 6 Tahun

Bibi berpengaruh pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tampil di depan publik untuk pertama kalinya, menurut laporan media pemerintah pada hari Minggu (26/1), bertahun-tahun setelah suaminya dieksekusi dalam pembersihan. Laporan itu dilansir oleh kantor berita Reuters.

Kim Kyong Hui adalah saudara perempuan mantan diktator Korea Utara Kim Jong Il, dan berperan utama selama tahun-tahun pertama pemerintahan pemimpin saat ini Kim Jong-un.

Dia menghilang dari pandangan publik sejak 2013, setelah Kim Jong-un memerintahkan eksekusi terhadap suaminya, Jang Song Thaek, yang ketika itu dipandang sebagai pria paling kuat kedua di Korea Utara.

Pada hari Minggu, media pemerintah menunjukkan Kim Kyong Hui duduk di dekat Kim Jong-un pada sebuah pertunjukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek di Pyongyang.

Kim Kyong Hui dan suaminya pernah menjadi pasangan yang kuat yang membentuk semacam lingkaran di dunia politik Korea Utara, di belakang pemimpin muda yang menggantikan ayahnya pada Desember 2011.

“Kemunculan tiba-tiba pejabat penting dalam rezim seperti Korea Utara selalu sangat penting,” kata Michael Madden, pakar kepemimpinan Korea Utara di pusat penelitian Stimson Center yang berbasis di Washington, DC.

Kemunculan kembali Kim Kyong Hui dalam posisi yang menonjol menunjukkan dia telah mempertahankan, atau setidaknya memeproleh kembali pengaruh di balik layar, ujar Oliver Hotham, redaktur pelaksana NK News, sebuah organisasi di Seoul yang memantau Korea Utara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *