" /> Planet Bercincin 200 Kali Lebih Besar Dari Saturnus!

Sebenarnya planet J1407b dan cincinnya yang sebanyak 37 buah itu pertama kali ditemukan tahun 2012 silam oleh Pusat Observasi Leiden di Belanda dan Universitas Rochester di New York. Namun, publikasi dan pemetaan dari penemuan J1407b baru muncul baru-baru ini di arXiv.

“Bintang J1407 terlalu jauh untuk diobservasi secara teliti, namun kami bisa membuat model cincin J1407b dengan melihat perbedaan cahaya yang melewati lapisan cincin-cincin itu,” ujar Profesor Matthew Kenworthy dari Pusat Observasi Leiden, kepada Daily Mail (26/01/2015).

Cincin J1407b sendiri terdiri dari debu luar angkasa yang membentuk total 30 lapisan cincin kecil. Apabila seluruh debu tersebut disatukan, maka dapat terbentuk sebuah planet dengan berat yang sama dengan bumi, yakni sekitar 6,5 miliar triliun ton!

“Sampai kita menemukan objek ini di 2012 lalu, tidak ada yang menyadari sistem ini nyata. Ini merupakan formasi satelit bintang pertama yang kami tangkap dengan jarak skala jutaan kilometer mengelilingi objek sub-stellar,” kata Mamajek.

J1407b ditemukan oleh dua perangkat optik yang masing-masing memiliki 8 kamera

Astronom menemukan J1407b dengan dua perangkat optik yang masing-masing memiliki 8 kamera. Dengan cara itu, astronom bisa mengamati saat cincin J1407b menyebabkan peredupan cahaya bintangnya.

Biasanya, astronom hanya menjumpai peredupan atau gerhana bintang akibat adanya planet yang melintas di mukanya dalam waktu singkat. Namun, dengan besarnya ukuran cincin J1407b, gerhana yang disebabkannya mencapai 56 hari.

Gerhana akibat 30 cincin milik J1407b unik karena densitas cincin yang berbeda. Pada bagian cincin yang berdensitas rendah, cahaya bintang dapat menembus.

Seperti pada Saturnus, J1407b juga memiliki gap antarcincin. Astronom menduga, di sana terdapat banyak bulan. Saturnus sendiri menyimpan 60 bulan. Bila cincinnya saja besar, maka planetnya tentu juga besar.

Akan tetapi, ahli astronomi memprediksi bila cincin planet J1407b akan semakin menipis dalam beberapa juta tahun mendatang sebelum akhirnya lenyap dan akhirnya membentuk ‘Bulan’ untuk mengorbit planet tersebut. Maka julukan planet dengan cincin yang sangat besar sebagai “Lord of the Rings”, suatu saat akan berakhir.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *