" /> Virus Baru Flu Babi dari China dan Bisa Tulari Manusia

Pandemi virus Corona Covid-19 belum juga sirna, peneliti menemukan adanya jenis flu baru berasal dari babi yang diidentifikasi berada di China dan berpotensi menjadi pandemi.

Sebagaimana dilansir United Daily News (30/6), BBC melaporkan bahwa para ilmuwan mengatakan, jenis flu baru yang dibawa oleh babi baru-baru ini muncul di Cina, yang dapat menginfeksi manusia.

Para peneliti menyebutnya virus “G4 EA H1N1”, mirip dengan flu babi yang ditemukan di Meksiko pada 2009. Akan tetapi, pada waktu itu tingkat fatalitas flu babi tidak seserius yang dikhawatirkan semula.

Saat ini sudah ada beberapa kasus penularan dari babi ke manusia, dan dikhawatifkan jika virus ini dapat bermutasi, kemungkinan bisa menyebabkan penularan dari manusia ke manusia dalam skala besar dan kemudian berjangkit pandemi global.

Sampai sekarang, “G4 EA H1N1” tidak menimbulkan ancaman besar, akan tetapi seorang profesor di Universitas Nottingham Inggris, Kin-Chow Chang dan beberapa rekannya yang selalu melakukan penelitian mengatakan, ini adalah pertanyaan yang patut diperhatikan.

“Memang benar saat ini kita mpintasih fokus pada virus Corona, tetapi kita tidak boleh mengabaikan potensi ancaman yang ditimbulkan oleh virus baru, “jelas Kin-Chow Chang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *